Apa Pekerjaan Influencer Itu dan Apa Manfaatnya untuk Bisnis?

Kamu mungkin sudah akrab dengan istilah influencer dan bahkan mungkin kamu sudah mengenal beberapa nama influencer besar Tanah Air. Sebut saja Rachel Venya, Tasya Farasya dan Jharna Bhagwani adalah beberapa diantaranya. Lalu apa pekerjaan influencer itu sebenarnya? Apakah ini benar-benar bisa dikatakan sebagai sebuah pekerjaan?

Pengertian influencer

Sederhananya, influencer adalah seseorang yang memiliki sesuatu di dalam dirinya sehingga ia bisa mempengaruhi banyak orang. Di dalam dunia bisnis seperti online shop, seorang influencer adalah mereka yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi orang lain agar mau melakukan keputusan pembelian terhadap suatu produk. Kekuatan yang dimaksud bisa berupa kekuasaan, pengetahuan, posisi, atau karena hubungan dengan audiensnya.

Influencer tidak mesti seorang artis, mereka bisa dari kalangan manapun. Selama mereka memiliki pengaruh terhadap lingkungan atau pengikutnya maka mereka bisa dikatakan seorang influencer. Influencer dapat juga berupa seorang blogger, youtuber, selebriti dan orang lain yang dianggap penting oleh suatu kelompok tertentu.

Pada umumnya seorang influencer memiliki jumlah pengikut yang besar di akun media sosialnya hingga jutaan follower. Namun, tidak menutup kemungkinan jika seorang dengan follower ribuan bisa menjadi influencer karena ia memiliki pengaruh yang besar terhadap pengikutnya.

Apa pekerjaan influencer sosial media?

Seorang influencer sosial media berarti orang yang memiliki pengaruh di lingkungan sosial media yang dimilikinya. Biasanya orang ini akan membangun sebuah reputasi yang membuat orang lain bisa mengetahui kemampuan dan keahliannya di bidang tertentu. Membangun reputasi tentu saja bisa dilakukan dengan berbagai hal, ini membutuhkan sebuah strategi yang inovatif dan kreatif.

Lalu, apa pekerjaan influencer sosial media? Yaitu membuat postingan yang diupload secara berkala melalui akun sosial media miliknya Postingan ini dibuat untuk menarik perhatian pengikutnya dan mau ikut terlibat dalam postingan tersebut, baik melalui kolom komentar maupun tindakan nyata. Jika, yang diposting adalah sebuah produk maka audiens bisa tertarik untuk membeli produk tersebut. Seorang influencer sosial media juga bisa menciptakan sebuah tren dan mendorong followernya untuk melakukan tindakannya tersebut.