3 Kegiatan yang Bantu Menjaga Lingkungan

Kerusakan yang diakibatkan oleh manusia memang sudah tidak terhitung lagi. Mulai dari banjir, kebakaran hutan, hingga global warming. Tentu saja keadaan lingkungan tidak boleh terus menerus seperti ini. Anda memiliki kesempatan untuk merawat dan menjaga lingkungan agar kembali baik seperti semula. Mungkin beberapa kegiatan di bawah ini bisa Anda lakukan demi menjaga lingkungan dan merawat keindahan Bumi ini. Yuk, simak informasinya di sini.

Menyediakan tempat sampah yang memadai

Salah satu penyebab banjir di perkotaan adalah jeleknya sistem resapan air dan tersumbatnya aliran air karena sampah yang dibuang tidak pada tempatnya. Mungkin awalnya terdengar sepele, tapi ternyata efek membuang sampah sembarangan menyebabkan terjadinya bencana alam. Oleh sebab itu, Anda bisa mulai memperbaikinya dan menjaga lingkungan dengan menyediakan temat sampah yang memadai. Hadirnya tempat pembuangan sampah yang memadai membuat orang lain tergerak untuk membuang sampah di tempat sampah. Jika tempat sampah saja jarang hadir, bagaimana orang lain ingin membuang sampah pada tempatnya bukan?

Terapkan pengelolaan limbah yang baik

Beberapa wilayah industri yang tersebar di Indonesia memiliki kualitas tanah, air, dan udara yang buruk. Hal ini disebabkan oleh limbah bekas produksi yang tidak dikelola dengan baik. Oleh sebab itu, pabrik harus memiliki sistem pengolaan limbahnya sendiri sebelum membuat limbah layak buang keluar dari penampungan. Dengan begitu, mereka telah berpartisipasi untuk menjaga lingkungan.

Bukan hanya pelaku industri yang harus membuat pengelolaan limbah dengan baik, setiap rumah tangga juga harus bisa melakukannya. Salah satu contohnya adalah dengan memiliki septiktank yang menambung limbah kakus.

Melakukan penghijauan di lahan kering

Menanam pohon sebanyak-banyaknya di sekitar lingkungan Anda juga bisa menjadi satu cara untuk menjaga lingkungan. Semakin banyak pohon yang tumbuh, maka akan semakin banyak pasukan oksigen bersih yang dapat Anda hirup. Anda bisa memanfaatkan lahan rumah yang gersang sebagai tempat menanam pohon. Tidak perlu pohon yang mahal, pohon jenis apa pun bisa Anda tanam untuk menyelamatkan lingkungan. Jika tidak memiliki lahan yang cukup, Anda bisa menggunakan teknik menanam hidroponik yang tidak perlu menggunakan media tanah. Selalu ada jalan untuk melakukan kebaikan, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *