3 Keuntungan Usaha Berbasis Sosial Bagi Pebisnis

Beberapa tahun belakangan ini, sebuah konsep bisnis baru krap menjadi bahan perbincangan orang, yaitu usaha berbasis sosial. Bisnis ini sendiri didasari oleh keinginan untuk menyelesai Bergama permasalahan sosial yang ada di tengah-tengah masyarakat dengan cara berbisnis. Di Indonesia sendiri pun jenis usaha ini bukan asing lagi, bahkan banyak anak muda yang memilih untuk melakukan bisnis ini. Dari usaha berbasis sosial ini, Anda bisa menyumbangkan beberapa dampak positif kepada orang banyak. Inilah informasinya.

Langsung memecahkan permasalahan sosial

Percaya atau tidak, usaha berbasis sosial bisa membantu memajukan perekonomian Indonesia. Salah satu contohnya adalah aplikasi Go-Jek yang di usung oleh salah satu anak bangsa. Aplikasi berbasis online ini berhasil menyejahterakan para tukang ojek di Indonesia, khususnya di beberapa kota-kota besar di Indonesia. Bahkan, bisnis ojek online ini bsia mengubah pola pikir masyarakat untuk lebih terbuka dengan teknologi. Hasilnya, usahanya ini disambut baik oleh pemerintah DKI Jakarta dan mengajak Go-Jek untuk berkolabori dengan Transjakarta untuk membuat aplikasi Go-Busway.

Membantu orang lain sekaligusnya mendapat keuntungan

Seperti tujuan awalnya, usaha berbasis sosial dibangun untuk menyelesaikan beragam masalah sosial di masyarakat. Oleh sebab itu, usaha ini sebisa mungkin menjadi solusi dari masalah yang ada sekaligusnya memberikan keuntungan bagi pelakunya. Contoh dari kasus ini adalah CEO InVenture, ia mengembangkan aplikasi yang bisa mengembangkan usaha kecil di seluruh dunia dengan menyediakan akses ke pertumbuhan modal dan pelacak binis melalui internet. Dengan begitu, InVenture telah membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal, sekaligus mendapat keuntungan dari aplikasi yang digunakan oleh para pebinsis.

Terpacu untuk terus berinovasi

Ketika berbinis, inovasi sangat diperlukan sebagai satu dari seribu cara untuk mempertahankan bisnis Anda. Semakin banyak inovasi yang Anda lakukan, maka usaha Anda akan semakin unggul dibandingkan pesaing, termasuk dalam usaha berbasis sosial. Salah satu cara berinovasi dalam bisnis ini adalah dengan menciptakan beragam pilihan produk atau bahkan dengan menambah jumlah permasalahan sosial yang ingin Anda pecahkan. Dengan begitu, keuntungan yang Anda dapatkan bisa terus bertambah dan masalah sosial di masyarakat akan terus berkurang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *