3 Kudapan Asli Bengkulu Terbaik

Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang masuk ke teritori Sumatera dengan mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah petani. Berngkulu sendiri terletak di pesisir laut lepas dekat dengan Samudera Hindia. Akibat letak geografisnya yang dekat dengan laut, maka tidak heran jika kudapan asli Bengkulu berbahan dasar ikan laut hasil para nelayan lokal. Ketika Anda berwisata ke provinsi ini, maka Anda harus mencicipi beragam makanan khas Bengkulu yang bisa menggugah selera Anda. Di artikel ini akan dijelas beberapa kudapan terbaik asli Bengkulu.

Pendap

Pendap adalah kudapan asli Bengkulu yang terbuat dari ikan. Makakan ini dikenal luas oleh seluruh warga Bengkulu, baik penduduk asli maupun pendatang. Untuk membuat masakan ini pun tidaklah sulit, yang harus Anda siapkan adalah bumbu masakan yang dibutuhkan seperti bawang putih, cabe giling, kencur, dan kelapa parut yang masih muda. Setelah semua bumbu siap, selanjutnya bungkus ikan dengan daun talas dan lumuri dengan bumbu tersebut. Setelah terbungkus, Anda harus merebusnya selama 8 jam sampe ikan benar-benar matang dengan sempurna. Jangan lupa memakan Pendap dengan nasi putih hangat untuk mendapatkan kenikmatan yang lebih.

Gulai Kemba’ang

Selain Pendap, Gulai Kemba’ang juga masuk ke dalam kudapan asli Bengkulu terbaik yang wajib Anda cicipi. Makanan tradisional asal provinsi ini terbuat dari iga sapi yang dimasak dengan bumbu khusus khas Bengkulu. Sekilas, tampilan dari kudapan satu ini mirip dengan soto daging pada umumnya. Kuliner ini biasanya akan mudah Anda temukan ketika bulan puasa atau menjelang lebaran, karena Gulai ini sangat identik dengan momen tersebut.

Tempoyak

Satu lagi kudapan asli Bengkulu yang menggunakan bahan ikan, yaitu Tempoyak. Pada dasarnya, Tempoyak adalah olahan durian yang difermentasi selama beberapa lama. Nah, tempoyak ini diolah bersama dengan ikan patin, sehingga rasanya lebih nikmat dan gurih. Banyak penduduk Bengkulu menjadikan makanan ini sebagai kudapan favorit merika, karena rasanya yang sangat nikmat. Oleh sebab itu, bila Anda berkunjung ke Bengkulu, maka wajib hukumnya untuk mencicipi makanan khas satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *