3 Langkah Simpel Ini Akan Membantumu Keluar dari Lilitan Hutang

uang-digital
Uang Digital

Berhutang ketika kehabisan uang tunai sangatlah tidak lucu dan bikin hidup gak nyaman. Hal ini cukup menyeramkan dan semoga kamu tidak akan mengalaminya. Namun jika pun sudah terlanjur terkena lilitan hutang, yang perlu kamu lakukan adalah sebuah keputusan yang bijak. 

Berikut adalah langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk keluar dari lilitan hutang :

Langkah 1: Tentu saja, hentikan dulu ketergantunganmu pada kartu kredit

Apakah kamu setuju jika kartu kredit adalah barang yang mudah disalahgunakan? Tetapi, bagaimanapun juga barang ini memang legal sebagai alat pembayaran ketika kamu sedang kehabisan stok uang tunai. Sekali gesek, barang apapun akan menjadi milikmu.

Jadi langkah pertama untuk lolos dari derita lilitan hutang adalah dengan berhenti menggunakannya. Kamu bisa berpikir dengan cara ini : setiap kali kamu akan menggunakan kartu, kamu justru akan menciptakan hutang yang baru, padahal yang kamu mau sebenarnya adalah mengurangi hutang, bukan malah menambah!

Langkah 2: Coba atur hidupmu dengan pola 50-30-20

Aturan 50-30-20 ini dapat membantu kamu dalam mengatur penghasilan bulananmu agar lebih tepat sasaran. Hal ini tentu akan membuat kamu lepas dari derita lilitan hutang. Begini caranya:

  • 50: Pakai 50 persen dari penghasilan bulanan untuk biaya yang bersifat tetap seperti sewa, angsuran mobil, internet, dan lain-lain.
  • 30: Pakai 30 persen dari penghasilan bulananmu untuk biaya yang tidak tetap seperti kebutuhan dapur, peralatan atau hiburan.
  • 20: Kamu perlu dana cadangan untuk berjaga-jaga. Pakai sisanya 20 persen penghasilan bulananmu untuk ditabung.

Langkah 3: Mulai buat anggaranmu sendiri dan yang terpenting adalah patuhilah itu

Mungkin untukmu hal ini adalah tahapan yang paling tidak menyenangkan karena penganggaran atau budgeting ini dapat menyiratkan pertanggungjawaban nyatamu untuk dapat keluar dari hutang. Tetapi tentu saja, sebelumnya kamu harus memahami terlebih dulu bagaimana caranya.

Cara yang terbaik untuk memulai penganggaran adalah dengan menghitung-hitung setiap kategori pengeluaran dan penghasilan dalam enam bulan terakhir. Kemudian hasilnya dibagi menjadi enam. Cara ini memberimu informasi berapa rata-rata pengeluaranmu dari setiap kategori jika dibandingkan dengan penghasilanmu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *