3R, Sistem Mengendalikan Sampah dan Perbedaannya

Tingkat kerusakan lingkungan akibat sampah dan limbah kian meluas, menyebabkan berbagai bencana lain, salah satunya banjir. Dengan keadaan ini tentu saja mengharuskan masyarakat sadar dan membantu mengatasi kerusakan lingkungan ini. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan sistem mengendalikan sampah yang baik, yaitu dengan menerapkan sistem 3R atau Reuse, Reduce, Recycle. Tetapi, apa yang membedakan ketiga sistem ini? Simak ulasannya di artikel berikut ini.

Reuse

Reuse merupakan sistem mengendalikan sampah di mana Anda bisa menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan dengan fungsi yang sama atau berbeda. Contohnya adalah memberikan baju-baju tak terpakai milik Anda kepada adik atau orang lain yang lebih membutuhkan. Selain itu, Anda bisa menggunakan wadah, kantung, atau benda yang bisa dipakai berulang-ulang seperti shopping bag dari kain.

Reduce

Sistem mengendalikan sampah berikutnya adalah reduce. Reduce artinya Anda mengurangi penggunaan bahan-bahan yang dapat merusak lingkungan. Artinya, sebisa mungkin Anda menghindari kegiatan apa pun yang menyebabkan sampah ini tercipta. Misalnya dengann menggunakan tissue secukupnya, dan menggunakan kertas dengan efektif. Bukan hanya itu, Anda mulai bisa beralih dengan membeli ­e-magazine atau membaca koran online untuk menghindari penggunaan kertas yang percuma. Dengan begitu, Anda bisa menekan angka sampah dengan efektif.

Recycle

Recycle merupakan sistem mengendalikan sampah dengan cara mendaur ulang barang-barang yang masih bisa dimanfaatkan. Misalnya, Anda bisa mendaur ulang sisa-sisa makanan dan daun gugur di rumah menjadi pupuk. Selain itu, Anda bisa merubah botol plastik bekas menjadi pot tanaman atau mendaur ulang kertas agar menjadi kertas kembali. Dengan melakukan teknik ini, Anda bisa mengurangi sampah anorganik yang membutuhkan waktu hingga ratusan tahun untuk terurai.

Demikiannlah 3 sistem mengendalikan sampah yang mungkin bisa Anda terapkan di rumah. Dengan menerapkan ketiga sistem ini, Anda telah ikut andil untuk menjaga kebersihan lingkungan. Lingkungan di sekitar Anda menjadi bersih dan tidak ada lagi bencana banjir yang menyerang. Untuk itu, peduli dengan lingkungan mulai sekarang, yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *