4 Cara Ampuh Menghemat Pengeluaran Bulanan

pengeluaran bulananMengatur pengeluaran adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Pengeluaran dan pemasukan yang tidak seimbang bisa membuat kepala pusing. Maka dari itu, Anda harus tahu caranya hematlah dalam pengeluaran bulanan agar gaji yang didapat bisa terpakai dengan semestinya. Dan juga, jika tahu teknik mengelola pengeluaran yang tepat akan membuat Anda dalam masalah middle income trap, yaitu merasa kesulitan atau kehabisan uang disaat pertengahan bulan. Tetapi dengan mengetahui cara berhemat yang tepat  bisa membantu Anda. Simak cara ampuhnya di sini!

1. Belanja Cerdas

Jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga dan mahasiswa memiliki kemampuan cerdas adalah hal penting. Setiap kali pergi berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari catatlah apa yang ingin dibeli sebelumnya. Misalnya, belanjalah untuk kebutuhan seminggu kedepan dengan harga yang sudah diperhitungkan sebelumnya. Dengan menulis pengeluaran maka akan dapat terhindar dari membeli  yang tak dibutuhkan dan juga menjadi cara untuk mencegah pembengkakan anggaran pengeluaran bulanan.

2. Penawaran Terbaik

Pada saat awal bulan, banyak toko-toko yang mengadakan diskon besar-besaran. Jangan lewatkan penawaran terbaik ini karena akan menghemat pengeluaran bulanan Anda. Berburulah barang-barang dan keperluan yang sedang didiskon. Ingat! Anda harus membeli barang yang penting dan benar-benar dibutuhkan bukan membeli barang hanya berdasarkan keinginanan saja.

3. Menjual Barang Bekas

Pasti di rumah Anda banyak barang-barang yang tidak terpakai yang akhirnya hanya menjadi tumpukan saja di gudang atau lemari. Daripada tak terpakai mending jual kembali saja. Hasilnya juga lumayan kalau barang yang dijual masih memiliki kualitas yang bagus. Hasilnya, Anda jadi bisa mengurangi pengeluaran bulanan dan bahkan menambah poengahasilan.

4. Punya Rekening Khusus

Yang penting dalam pengeluaran bulanan adalah memisahkan tabungan agar tak terpakai untuk kebutuhan lainnya. Caranya dengan menyiapkan dua rekening sekaligus. PIsahkanlah antara rekening tabungan dengan rekening kebutuhan dan jangan lupa untuk menetapkan target tabungan yang ingin dicapai. Komitmen dan kebutuhan sangat dibutuhkan agar tabungan tidak terkuras sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *