4 Hidangan Khas Nusantara Yang Buat Ketagihan

Makanan khas Indonesia memang patut untuk dibanghakan. Pasalnya, kuliner asal nusantara ini merupakan masakan terlezat di dunia, karena bumbu rempah-rempah yang begitu lengkap. Dengan bentuk negara yang berpulau-pulau, Indonesia memiliki hidangan khas nusantara yang begitu beragam. Di artikel ini akan dijabarkan beberapa hidangan khas Indonesia yang akan membuat Anda selalu ketagihan untuk mencicipinya lagi. Mau tahu apa saja? Yuk, simak informasinya berikut ini.

Soto Kudus

Indonesia memiliki beragam macam soto yang berbeda-beda, salah satunya adalah soto Kudus. Seperti namanya, hidangan khas nusantara ini berasal dari kota Kudus, Jawa Tengah. Sebenarnya, soto ini hampir mirip dengan soto Lamongan yang berisikan suwiran ayam dan tauge. Bedanya, soto khas Kudus ini tidak jarang mengganti daging ayam dengan daging kerbau dan juga kuah yang lebih bening. Sementara, dalam penyajiannya, kudapan ini menggunakan mangkuk berukuran kecil untuk satu porsi soto dan sepiring nasi.

Tude Bakar

Apa Anda bertanya-tanya, apa itu Tude? Tude adalah sejenis ikan yang biasanya diolah sebagai bahan masakan oleh masyarakat Manado. Ikan ini biasanya dimasak menjadi hidangan khas nusantara dengan cara di bakar. Oleh sebab itu, orang-orang Manado menyebutnya dengan nama Tude Bakar. Untuk menikmati sajian ini,  Anda bisa menambahkan sambal dabu-dabu, nasi hangat, dan juga lalapan. Dabu-dabu sendiri merupakan sejenis sambal asli Manado yang hampir mirip dengan sambal matah. Bagi Anda yang bosan dengan olahan ikan nila, emas, atau gurame, bukan sesekali bisa mencicipi makanan ini. Tentu saja rasanya tidak kalah nikmat dengan hidangan ikan lainnya.

Tempoyak Ikan Patin

Tempoyak merupakan makanan yang berasal dari durian yang difermentasi. Hidangan khas nusantara yang satu ini pun tidak jarang dijadikan sebagai lauk yang dimakan bersama nasi putih hangat. Ternyata, makanan ini juga bisa ditambahkan bahan lain seperti ikan patin. Di Jambi, kudapan ini sangat tekenal karena rasanya yang gurih, manis, sekaligus asam. Perpaduan cita rasa yang menarik, bukan? Bagi Anda yang suka dengan durian atau pun makanan yang berasal dari olahan durian, mungkin Anda akan menyukai makanan unik yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *