4 Jenis Pensiun Yang Ada di Indonesia

jenis pensiunPensiun adalah kondisi di saat seorang karyawan berhenti bekerja karena sudah memasuki usia non produktif atau pensiun. Pada umumnya, batas usia pensiun secara normal adalah 55 tahun atau batas maksimumnya adalah 60 tahun. Tetapi, keadaan ini dibagi ke dalam beberapa jenis berbeda. Di artikel berikut ini akan membahas jenis pensiun yang biasa diterapkan di Indonesia. Yuk, segera simak informasinya berikut ini.

1. Pensiun Normal

Seperti namanya, jenis ini merupakan pensiun yang biasanya dialami oleh orang kebanyakan, di mana umur mereka telah mencapai angka 50-60 tahun. Jadi, jika Anda atau keluarga Anda akan menyentuh umur tersebut, maka bersiap-siaplah untuk memasuki masa pensiun. Tetapi, sebelum masuk ke tahap ini, ada baiknya jika Anda telah mempersiapkan dan masa tua dengan baik demi kehidupan yang aman dan tentram.

2. Pensiun Dipercepat

Bila Anda berhenti bekerja sebelum memasuki usia pensiun, maka Anda termasuk jenis yang diperecepat. Uang pensiun Anda dibayaran pada usia terntetnu sebelum memasuki usia normal. Pada jenis ini, peserta pensiun akan mendapatkan hak pensiun selamat-lambatnya 3 bulan setelah mereka tidak lagi bekerja.

3. Pensiun Cacat

Dari setiap pekerjaan yang ada di dunia, pasti memiliki resikonya masing-masing. Apa lagi jika pekerjaan tersebut berhubungan langsung dengan mesin atau berada di lapangan. Salah satunya yang mungkin sering terjadi adalah kecelakaan kerja yang mengakibatkan karyawannya menjadi cacat. Jika hal ini sudah terjadi, biasanya karyawan ini akan dirumahkan oleh perusahaan dan ini masuk ke dalam jenis pensiun cacat. Mereka menjadi pensiun dini karena keadaanya yang tidak memungkinkan untuk kembali bekerja. Meski begitu, mereka akan tetap mendapatkan hak pensiun seperti pensiunan normal.

4. Pensiun di Tunda

Jenis pensiun ini berlaku untuk karyawan yang telah mengalami pensiun dini sebelum waktu yang ditentukan. Misalnya, seorang karyawan telah pensiun di usia 45 tahun karena alasan tertentu. Meski sudah tidak bekerja lagi, karyawan ini akan mendapatkan hak pensiunnya ketika dia mencapai usia pensiun normal, yaitu 50-60 tahun. Jadi, dia harus menunggu sekitar 5-10 tahun untuk mendapatkan haknya. Nah, keadaan ini lah yang disebut sebagai jenis pensiun ditunda.

Demikianlah beberapa jenis pensiun di Indonesia. Jika Anda masih menjadi karyawan yang produktif, mungkin informasi ini dapat menambah wawasan Anda ketika memasuki masa pensiun. Untuk itu, jangan lupa mempersiapkannya sejak dini, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *