4 Kebiasaan Mengatur Keuangan yang Membuat Masa Depan Cerah

mengatur keuanganBerapa gaji Anda dalam sebulan? Apakah lebih setara UMR atau bahkan lebih? Gaji yang Anda dapat, baik UMR atau lebih haruslah diatur dengan bijak. Walau punya gaji besar tetapi tak dapat mengelolanya dengan benar hanya akan terbuang sia-sia karena kebiasaan boros yang merugikan. Anda harus mencoba mengatur keuangan dari sekarang agar masa depan Anda terjamin. Ada beberapa kebiasaan mengatur uang yang dapat Anda tiru dan berikut ulasannya di sini!

1. Mencatat Semua Pengeluaran

Berapa uang yang dikeluarkan dalam sebulan? Dan kemana saja uang itu pergi? Hal ini sering dianggap sepele tetapi pengaruh besar dalam mengatur uang. Untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu cobalah untuk mencatat belajaan Anda. Sekecil apapun belanjaan itu seperti makan, minum, ongkos semuanya harus dicatat agar Anda tahu mana hal yang harus dikurangi agar pengeluaran yang Anda keluarkan menjadi lebih berkurang. Bisakan mengatur keuangan dari hal-hal kecil terlebih dahulu.

2. Mengecek Internet

Zaman sekarang semuanya serba dipermudah dengan kehadiran internet yang semakin cepat dan membantu untuk mempermudah semua kegiatan dan kebutuhan manusia. Anda tak perlu repot-repot lagi mengantri di ATM. Cukup dengan menginstall applikasi M-Banking di handphone Anda dan dengan mudah bisa mengecek berapa saldo yang ada pada rekening. Mengatur keuangan menjadi lebih mudah.

3. Menabung adalah Kebiasaan Baik

Menabung adalah rencana mengatur uang yang baik dan harus dijadikan sebuah kebiasaan. Anda bisa menabung di bank atau di rumah juga bukan sebuah masalah. Keuntungan menabung di rumah adalah tidak adanya biaya yang di potong per bulannya tetapi jika di bank maka uang tabungan akan dengan aman tetapi akan terpotong. Menabung merupakan tips mengatur keuangan yang tidak akan merugikan Anda.

4. Manfaatkan Kartu Kredit

Banyak orang salah menggunakan kartu kredit. Seharusnya kartu ini bisa digunakan dengan bijak. Belanjalah jika ada promo, point rewards dan cashback saja. Jangan berbelanja seperti makanan, handphone, atau barang-barang yang masih dirasa belum perlu dengan menggungakan credit card. Yang ada hanya akan membuat Anda terjerumus dalam beban bunga. Cara mengatur keuangan satu ini membutuhkan sifat bijak dalam pengelolaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *