4 Manfaat Networking UKM Yang Perlu Anda Tahu

Usaha Kecil dan Menengah atau disingkat UKM menjadi sebuah bisnis yang digandrungi saat ini. Pada dasarnya, UKM adalah sebuah bisnis yang mengacu pada jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih yang tidak lebih dari Rp 200 juta. Dengan jumlah kekayaan sebesar itu, makadapat dipastikan bahwa usaha ini tidak membutuhkan modal banyak. Bahkan, UKM biasanya dilakukan di rumah dengan memberdayakan masyarakat sekitar atau tetangga rumah Anda sebagai karyawannya.

Meski bisnis kecil-kecilan, ternyata UKM bisa memberikan keuntungan yang maksimal jika Anda dapat mengatur dan menjalankannya dengan baik. Untuk membuat bisnis ini berjalan dengan lancar, pastikan untuk selalu membangun networking dengan pebisnis lainnya. Pasalnya, jaringan yang sedang Anda bangun ini bisa membantu meningkatkan UKM Anda. Berikut beberapa manfaat networking UKM yang mungkin bisa menginspirasi Anda.

Meningkatkan penjualan

Salah satu manfaat networking UKM pertama adalah meningkatkan penjualan dan pemasukan Anda. Pasalnya, bila Anda memiliki banyak network dengan orang lain, maka usaha Anda mampu dipasarkan dari mulut ke mulut. Dari sekian banyak teknik penjualan yang ada, rekomendasi dari orang yang telah mencoba produk Anda adalah cara yang paling efektif. Oleh sebab itu, perbanyak waktu Anda untuk membangun koneksi dengan banyak orang.

Memperoleh saran dan masukan

Ketika Anda melakukan sebuah bisnis, memiliki wawasan dan pengetahuan yang banyak mengenai bidang ini bisa membantu Anda menyelesaikan berbagai masalah dan rintangan ketika berbisnis, termasuk UKM. Nah, wawasan dalam berbisnis tidak hanya didapatkan di kelas saat belajar, Anda juga bisa mendapatkanya dari orang lain yang juga memiliki profesi sebagai pebisnis. Anda bisa bertukar berbagai pengalaman berharga dengan mereka, mulai dari kiat sukses hingga beragam cerita kegagalan mereka. dengan begitu, Anda bisa belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut. Semakin banyak orang yang Anda ajak sharing, maka akan semakin banyak wawasan yang akan Anda dapatkan. Ini lah salah satu manfaat networking UKM yang paling penting untuk Anda. 

Meningkatkan kredibilitas

Memiliki nama yang tershor dan kenalan yang luas adalah dasar untuk membangun reputasi positif untuk bisnis Anda, termasuk dalam UKM. Dengan reputasi yang baik dan bisa dipercaya, pelanggan atau relasi Anda akan lebih percaya untuk mempromosikan UKM Anda kepada orang lain. Mereka tidak akan ragu menyarankan kenalannya untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini tentu saja akan memberikan kredibilitas bisnis yang baik untuk Anda. Oleh sebab itu, bangun jaringan bisnis Anda dengan baik dan rasakan manfaat networking UKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *