5 Langkah Mudah Mengelola Keuangan Keluarga

keuangan keluargaMengatur keuangan keluarga adalah hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Membangun kepercayaan adalah kunci penting dalam mengurus keuangan keluarga. Susahnya adalah ketika komunikasi anggota keluarga tidak berjalan lancar. Anda harus jujur dan tidak menyembunyikan sesuatu agar dapat membangun kepercayaan. Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar dapat mengelola keuangan dengan baik? Berikut tipsnya!

1. Menabung Di Awal Bulan

Suami pasti mendapatkan gaji pada akhir bulan, maka pada awal bulan Anda harus langsung menabungkannya. Jangan menabung di akhir bulan karena menunggu apa ada uang yang tersisa untuk menabung atau tidak. Cara itu tidak efektif bagi keuangan keluarga karena uangnya hanya akan dibelanjakan terlebih dahulu dan yang ada malah tidak ada uang tersisa untuk ditabungkan.

2. Evaluasi Harian

Mengevaluasi pengeluaran yang Anda lakukan setiap harinya sangat penting untuk dilakukan. Catat kemana saja uang yang dikeluarkan, misalnya untuk uang jajan anak, membeli sayuran, membeli pulsa, dll. Ini dimaksudkan agar Anda tidak menjadi orang yang boros dan keluarga Anda juga bisa lebih menghemat. Keuangan keluarga Anda penting untuk dipantau karenanya catatlah semua kebutuhan dan pengeluaran.

3. Mengurangi Pemakaian Kartu Kredit

Kartu kredit bukanlah kartu setan jika Anda mampu menggunakannya dengan bijak, Apalagi untuk keuangan keluarga yang memerlukan banyak kebutuhan. Gunakan kartu ini hanya jika ada promo, cash back, dan point reward. Selebihnya, jika barang yang ingin Anda beli masih bisa dibeli dengan menabung maka jangan pernah menggunakannya.

4. Hindari Diskon

Godaan terbesar seorang ibu rumah tangga dalam pengelolaan keuangan adalah diskon. Cobalah untuk menahan diri untuk tidak membeli barang dengan harga yang sudah di diskon. Boleh saja membeli asal barang itu punya manfaat bukan hanya untuk Anda sendiri tetapi juga untuk anggota keluarga lainnya. Misalnya membeli lemari, bahan-bahan makanan, sofa, dll dan hindari membeli sepatu, makeup, tas yang menjadi barang pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *