5 Prinsip Manajemen Keuangan Perusahaan Ini Wajib Anda Ketahui

manajemen keuanganManajemen keuangan dalam prakteknya merupakan sebuah tindakan yang harus diambil untuk menjaga kestabilan finansial sebuah perusahaan. Tentunya, pelaksaan manajemen waktu sangatlah berpengaruh tetapi bukanlah hal yang mudah untuk Anda lakukan. Bagi seorang wirausahawan, maka Anda wajib mengetahui beberapa prinsip yang harus dimiliki tentang manajemen keuangan di bawah ini!

1. Akuntabilitas

Akuntabilitas memang sudah sering kita dengar. Namun, apa yang dimaksud dengan akuntabilitas sebenarnya? Akuntabilitas adalah sebuah kewajiban moral dan hukum yang ada pada seorang individu, kelompok dan juga perusahaan untuk menjelaskan bagaimana dana, alat-alat, wewenang yang diberikan oleh pihak ketiga. Seperti, apakah dananya sudah digunakan? Dan jika iya, maka digunakan untuk apa? Perusahaan harus bisa menyebutkan kemana dana tersebut pergi dan mengalir. Semua orang yang berkepentingan mempunyai hak untuk mengetahui hal tersebut. Ini adalah pirnsip manajemen keuangan pertama.

2. Kelangsungan Hidup

Keuangan dalam perusahaan harus tetap berputar dan berjalan agar pengeluaran organisasi pada tingkat strategi sampai dengan operasional tetap berjalan dengan dana yang sudah diterima. Viability atau kelangsungan hidup adalah tolak ukut tingkatan keamanan dan keberlanjutan dari manajemen keuangan suatu perusahaan. Manajer harus dapat menyiapkan sebuah rencana atau strategi dalam mengelola dan memenuhi kebutuhan perusuhaan.

3. Transparansi

Sebuah perusahaan harus terbuka tentang pekerjaanya dengan menyediakan informasi yang berkaitan tentang rencana dan berbagai aktivitas kepada orang yang punya hak untuk mengetahuinya. Termasuk di dalamnya harus menyiapkan laporan keuangan yang sesuai dan akurat. Semua data itu harus bisa diakses dengan mudah oleh para manajemen yang berkepentingan. Jika perusahaan tidak transparansi, maka ada kemungkinan perusahaan tersebut menyembunyikan sesuatu.

4. Pengelolaan

Perusahaan jika memperoleh semua dana maka harus dipergunakan dan dikelola dengan baik. Harus menjamin bahwa dana tersebut dapat digunakan untuk mencapai tujuan dari perusahaan tersebut. Pengelolaan manajemen keuangan ini bergantung pada strategi keuangan yang digunakan.

5. Integritas

Semua aktivitas yang dilaksanakan harus mempunyai integritas yang baik. Semua laporan dan catatan keuang juga harus dijaga integritasnya dengan kelengkapan dan keakuratan yang tepat. Maka hal ini cukup penting untuk Anda perhatikan dalam perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *