5 Tips Cerdas Memilih Asuransi

Munculnya beragam jenis asuransi dan perusahaan penyedia asuransi membuat Anda bingung menentukan mana yang terbaik untuk Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir dibuatnya, di bawah ini akan dijelaskan 5 tips cerdas memilih asuransi untuk Anda. Berikut informasinya.

1. Pilih asuransi sesuai kebutuhan Anda

Sama seperti ketika Anda berbelanja di mall, belilah sesuai dengan kebutuhan Anda, begitu juga sebuah asuransi. Jika Anda merasa bahwa kesahatan Anda suka tidak menentu kondisinya, memilih asuransi kesehatan adalah hal yang tepat. Namun, jika Anda memiliki hobi mengoleksi kendaraan bermotor, rasanya membeli asuransi kendaraan merupakan langkah paling bijak daripada Anda membeli asuransi perjalanan.

2. Sesuaikan dengan kemampuan Anda

Setelah memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda, saat Anda menentukan jumlah premi yang Anda bayarkan setiap bulannya. Meski ingin mendapatkan perlindungan total dari sebuah asuransi, bukan berarti Anda memilih premi di luar kemampuan Anda. Tetap kondisikan jumlah premi yang dibayarkan sesuai dengan budget yang Anda miliki. Tentunya Anda tidak ingin uang yang diperolah hanya habis untuk membayar asuransi kan?

3. Pastikan perusahaan asuransi sudah terdaftar di OJK

Perusahaan asuransi terpercaya tentunya harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika perusahaan asuransi yang Anda pilih terdaftar, dapat dipastikan bahwa perusahaan tersebut dapat di percaya. Kenapa harus registrasi OJK? Seperti yang sudah dijelaskan di awal, penyedia asuransi merupakan lembaga keuangan non-bank, sehingga harus diawasi oleh OJK.

4. Cari tahu dan pelajari produk

Meski Anda hanya seorang konsumen, tidak ada salahnya Anda mencari tahu sebanyak mungkin tetang produk asuransi yang ditawarkan. Gunanya, agar Anda tahu mana produk yang harusnya Anda pilih dan tidak termakan promosi dari sales. Dengan begitu, proses pemilihan asuransi akan lebih efekif dan efisien.

5. Jangan lupa membaca ulang polis

Saat Anda sudah memilih asuransi yang sesuai, maka sales akan mendapatkan surat perjanjian asuransi atau polis. Saat polis sudah sampai di tangan Anda, pastikan melakukan pengecekan dan pemeriksaan kembali pada polis milik Anda. Pastikan polis tersebut sama dengan kesepakatan saat proses pembelian asuransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *