Bagaimana Cara Klaim Asuransi Mobil?

Anda memiliki kebiasaan buruk mengebut di jalan tol? Atau sepelan apapun Anda membawa mobil, pasti berakhir dengan lecet di mana-mana? Jika dua hal di atas sangat mencerminkan diri Anda, saatnya Anda mengasuransikan mobil Anda.

Selain melindungi mobil dan diri Anda, klaim asuransi ini tidak sesulit yang Anda pikirkan. Seandainya Anda masih bingung atau belum tahu bagaimana caranya, rasanya Anda harus membaca artikel ini sampai selesai. Yuk, simak cara klaim asuransi mobil yang mudah dan cepat berikut ini.

1. Foto bagian mobil yang rusak

Pihak asuransi tentunya tidak mudah percaya jika Anda hanya bilang bahwa Anda mengalami kecelakaan mobil dan mengakibatkan kerusakan pada kendaraan Anda. Oleh karena itu, berikan bukti berupa foto untuk memperkuat klaim Anda. Dengan begitu, jalan Anda melakukan klaim akan lebih mudah dan cepat.

2. Hubungi pihak asuransi

Hal terpenting untuk melakukan klaim asuransi adalah menghubungi pihak pengelola asuransi. Laporkan keadaan Anda dan mobil Anda setelah kecelakaan terjadi. Perusahaan asuransi Anda akan mencatat laporan Anda dan segera memproses surat klaim Anda.

3. Siapkan dokumen yang diperlukan

Selain foto sebagai bukti, Anda perlu menyiapkan dokumen pendukung lainnya seperti surat polis asuransi, SIM, KTP, dan surat keterangan kepolisian jika kendaraan rusak parah dalam sebuah kecelakaan atau tindakan kriminal.

Segala persyaratan dianggap lengkap dan memenuhi semua ketentuan dari perusahaan asuransi, maka Anda tinggal membawa mobil ke bengkel yang telah menjadi rekan dari asuransi Anda. Pastikan Anda membawa ke bengkel yang memang bekerja sama dengan penyedia asuransi,  jika tidak maka klaim Anda akan ditolak.

4. Isi formulir klaim

Setelah semua prosedur Anda lakukan, selanjutnya Anda perlu mengisi formulir klaim dengan sejelas-jelasnya. Formulir yang Anda isi biasanya menanyakan tentang data kecelakaan secara mendetail, mulai dari jam maupun lokasi kecelakaan. Oleh karena itu, isi formulir dengan sebenar-benarnya. Jika tidak sesuai dengan kejadian di lapangan, besar kemungkinan klaim asuransi Anda di tolak oleh pihak pengelola asuransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *