Bisnis Sampah Plastik Yang Menguntungkan

Apa yang Anda lakukan pada bungkus makanan atau minuman yang Anda beli? Sebagian orang pasti akan menjawab dengan “membuangnya”. Benar sekali, ketika Anda membeli produk, khususnya makanan, maka Anda hanya membutuhkan isinya, bukan bungkusnya. Tetapi, bagi para pelaku bisnis sampah plastik, kemasan produk adalah sesuatu yang berharga. Bisnis ini mungkin terlihat biasa dan dipandang sebelah mata oleh orang lain, padahal ini memiliki keunikan dan ke-khasannya tersendiri. Yuk, simak apa saja keunikan bisnis plastik berikut ini.

Bahan baku mudah di dapat

Sampah plastik bisa Anda temukan di mana saja, khususnya di pembuangan sampah rumah tangga. Banyak sekali kebutuhan rumah tangga yang dibungkus atau berbahan dasar plastik. Anda bisa mengumpulkannya dengan cara mendatangi setiap rumah untuk memilah sampah mereka. Namun, jika Anda membutuhkan cara yang pintas, mungkin Anda bisa bermitra dengan tukang sampah atau pemulung untuk mendapatkan beragam bahan baku bisnis sampah plastik ini, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencarinya sendiri. Jika Anda tidak ingin bekerja sama dengan orang lain, mungkin Anda bisa menghadirkan karyawan yang khusus mencari plastik secara mandiri.

Modalnya sedikit

Dengan mencari atau mendapatkan bahan bakunya sendiri, otomatis Anda tidak perlu menyiapkan modal terlalu besar demi mendapatkan plastik-plastik yang dibutuhkan. Pasalnya, harga bahan dasar bisnis sampah plastik ini tidaklah mahal, mudah didapat, dan tidak sulit untuk dipasarkan kembali. Mungkin, Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit biaya ekstra demi menghadiran alat pendukung yang dibutuhkan, seperti timbangan, mesin pelebur plastik, dan beragam alat pemotong.

 Satu bisnis, dua manfaat

Bisnis sampah plastik termasuk ke dalam jenis social entreprise. Selain mendapatkan keuntungan dengan menjual produk, Anda juga telah menyelesaikan masalah sosial yang sulit untuk dipecahkan, yaitu penumpukan sampah plastik. Pasalnya, sampah plastik merupakan zat yang sulit diurai oleh bakteri pengurai. Membutuhkan waktu hingga ratusan tahun untuk mengubah sampah plastik ke dalam bentuk lain. Dengan memanfaatkan bahan tersebut, Anda telah ikut melestarikan lingkungan dari sampah tersebut. Di tambah lagi, bisnis Anda juga membantu mencegah terjadinya banjir akibat sampah yang menumpuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *