Cara Berbisnis yang Benar Bagi Pemula

cara berbisnisBanyak orang mencari peluang usaha agar usaha yang dijalankannya berbeda dengan usaha milik orang lain dan tak kalah bersaing. Untuk mengurangi persaingan yang ketat dalam memulai usaha dengan mudah ternyata bisa saja dilakukan di zaman sekarang. Manfaatkanlah kemajuan teknologi berupa internet untuk memulai sebuah bisnis. Dengan menggunakan internet, bisnis akan lebih lancar dan gampang untuk dikontrol ketimbang bisnis yang bukan berbasis non-online. Namun, sebenarnya sama halnya dengan memulai bisnis non-online. Ada beberapa langkah-langkah yang harus dilalui dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuka bisnis berbasis online. Lantas, apa saja langkah-langkahnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mempunyai Mindset Business

Cara berbisnis yang pertama adalah mempunyai mindset dalam berbisnis. Mungkin Anda sudah terlalu sering mendengar kalimat ini, tetapi dalam berbisnis Anda harus selalu mengingatnya. Memiliki mindset bisnis yang benar dan memiliki sikap mental positif adalah hal yang penting. Anda juga harus membangun aset, di mana nanti aset itu akan bekerja untuk Anda nantinya. Faktor yang menentukan kesuksesans sebuah bisnis adalah kualitas pribadi manusia yang bisa mencapai 95% yang bersifat non-teknis. Anda bisa saja mempunyai keahlian dalam suatu bidang tertentu tetapi jika Anda tidak mempunyai visi , tidak punya semangat belajar dan bertahan sama aja Anda tidak punya ketertarikan dalam bidang bisnis. Berusahalah sebaik mungkin dan supaya bermanfaat untuk orang lain.  Ini adalah cara berbisnis yang harus Anda lakukan.

2. Dimulai dengan Berjualan

Cara berbisnis kedua dimulai dengan sebelum benar-benar membuka sebuah situs bisnis online ada baiknya Anda latihan menjual lewat internet dulu. Bukan apa-apa, ini untuk mengurangi tingkat kesalahan dalam berjualan yang akan Anda lalukan di langkah berikutnya. Pertama-tama, cari tahulah apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, jangan berfokus pada produk yang akan Anda jual. Inti dari cara berbisnis ini adalah fokus terhadap barang yang dibutuhkan oleh masyarakat. Karena apa yang Anda jual adalah yang harus konsumen butuhkan.

3. Membuat Situs Toko Online

Tahapan cara berbisnis ketiga adalah membuat situ dan toko online. Jika sudah memenuhi dua syarat di atas berarti Anda sudah bisa membuka sebuah bisnis. Karena memanfaatkan internet sebagai medianya maka Anda harus mencari platformnya. Pilihlah platform yang tepat untuk berjualan seperti BBM, Instagram, Facebook, Whatsapp, Line, Twitter, dll. Untuk situs web bisa memilih platform seperti buka lapak, OLX, Lazada, dan bisa membuka situs sendiri. Pilihlah dan sesuaikan dengan pasar yang Anda targetkan. Cara berbisnis online memang harus disesuaikan dengan platform yang digunakan.

4. Promosi Secara Online

Cara berbisnis terakhir adalah mempromosikan produk jualan Anda. Anda bisa memulai dengan mempromosikannya di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Mempromosikannya dengan cara ini adalah yang tercepat dan termudah. Anda jadi tak perlu repot-repot. Selain itu, bisa juga melakukan promosi dengan cara yang lebih “advance,” yaitu dengan menggunakan mesin pencarian seperti Google. Caranya memang lebih teknik karena menggunakan pola SEO agar bisa tampil halaman pertama Google menggunakan kata kunci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *