Cara Cerdas Mendapatkan Modal Berbisnis Secara Gratis

Ingin memulai usaha tapi tidak memiliki modal dan tidak tau dapat modal dari mana? Jangan menyerah dulu, karena Anda dapat mencari dan mendapatkan modal berbisnis secara gratis. Jadi, jangan biarkan ide-ide brilian dalam berbisnis yang Anda miliki dibiarkan begitu saja akibat kekuangan modal usaha. Untuk menghemat waktu dan tenaga Anda dalam mencari dana untuk berbisnis, mungkin Anda juga bisa mencari dana usaha secara gratis, atau Anda tidak harus melakukan pinjaman atau menguras seluruh tabungan. Penasaran bagaimana cara mendapatkannya? Yuk, simak informasi selengkapnya di artikel berikut ini.

Menemukan Angel Investor

Angle investor adalah seseorang yang bersedia memberikan Anda modal usaha tanpa secara cuma-cuma tanpa menuntut pengembalian seperti pinjaman pada bank. Artinya Anda menemukan orang kemampuan keuangan yang kuat untuk mendapatkan modal berbisnis demi usaha Anda. Bisa saja itu adalah rekan Anda, saudara Anda, teman masa kuliah, orang tua, adik sepupu atau malah mungkin salah satu bekas atasan Anda.

Meski secara cuma-cuma, Anda tetap harus membuat kesepakatan di awal ketika mendapatkan modal berbisnis ini, seperti  nantinya Anda perlu mengembalikan modal dan pembagian uang usaha sebesar persentasii tertentu selama periode tertentu. Jadi, meski memberikannya dengan mudah, bukan berarti Anda tidak perlu mengembalikan dna tersebut sama sekali, ya.

Membeli peralatan dengan cara kredit

Ternyata ada cara lain untuk mendapatkan modal berbisnis yang bisa Anda coba untuk mewujudkan ide bisnis yang brilian. Apa itu? Jawabannya adalah membeli peralatan dengan cara kredit. Anda bisa menawarkan kerja sama pada sebuah koperasi dan menjadikan ide besar Anda sebagai sebuah unit usaha dari koperasi. Dengan begitu, Anda tidak harus repot-repot mengeluarkan uang demi membeli peralatan yang mendukung bisnis Anda, karena koperasi akan menyediakannya secara gratis. Jangan lupa untuk berusaha memilih koperasi usaha dengan haluan yang searah dengan bisnis yang sedang Anda jalani supaya mereka lebih mudah tertarik melakukan kerja sama dengan Anda.

Mencari Program Bantuan

Percaya atau tidak, sebuah proposal bisa membantu Anda mendapatkan modal berbisnis secara cuma-cuma. Caranya adalah dengan berburu program bantuan dari berbagai instansi dan perusahaan sebagai bentuk pengabdian masyarakat mereka. Saat ini, banyak perusahaan besar tingkat di Indonesia yang biasanya membuka program pembinaan usaha kecil, Anda dapat mendaftar diri atau usaha Anda untuk mengikuti program ini. Pasalnya, perusahaan akan memberi Anda sejumlah uang pinjaman dengan bunga ringan sebagai modal awal dan pengembaliannya bisa Anda angsur selama usaha berjalan. Bukan hanya itu, selama masa ini Anda juga akan mendapat banyak bantuan lain yang turun sebagai bentuk pembinaan mereka terhadap usaha Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *