Cara Mengurus Sampah Rumah Tangga

Mengurus sampah kembali selalu dipikirkan oleh orang-orang yang memang peduli dengan sampah dan lingkungan. Tetapi, di sisi lain banyak orang yang tidak tahu tata cara pembuangan sampah dan pengelolaan dengan baik dan benar, khususnya sampah-sampah yang berasal dari rumah tangga. Jangan heran jika bencana banjir pun datang menghampiri saat musim hujan terjadi.

Sampah-sampah rumahan ini biasanya merupakan sampah organik dari sisa makanan dan sampah anorganik dari bungkusan makanan yang mereka beli, seperi plastik dan kaleng bekas. Nah, sampah ini memiliki metoda pengelolaan yang berbeda. Yuk, simak bagaimana cara menengurus sampah rumah tangga dengan baik di sini.

Membuatnya menjadi pupuk kompos organik

Setelah selesai memasak, pasti banyak sekali sampah-sampah bekas sayuran dan buah yang terbuang begitu saja. Bahkan makanan sisa yang terlanjur basi. Dari pada membiarkan sampah ini membusuk tidak berguna, Anda bisa mengurus sampah ini menjadi pupuk kompos organik. Bukan cuma dari sayuran dan makanan sisa saja, daun-daun gugur di halaman rumah Anda juga bisa dimanfaatkan untuk membuat pupuk. Pupuk ini pun akan berguna untuk keseburan tanah rumah Anda, sehingga bisa ditanami dengan beragam buah dan sayuran.

Mengolahnya menjadi briket

Briket mungkin tidak terlalu popular di perkotaan, padahal benda ini termasuk salah satu bahan bakar alternatif untuk memasak atau hal lainnya. Sama seperti pupuk kompos, bahan baku pembuatan briket berasal dari sampah organik rumahan. Mengurus sampah organik menjadi briket juga cukup mudah, Anda hanya memerlukan wadah sebagai tempat mencetak briket seperti drum, ember, dan pipa PVC, lalu tepung kanji yang berfungsi sebagai perekat briket. Untuk menggunakannya, Anda cukup membakar briket seperti saat membakar arang.

Sulap sampah menjadi kerajinan tangan

Sampah rumah tangga juga memiliki sampah anorganik yang berasal dari plastik pembungkus bekas, alumunium foil, kaleng, hingga botol kaca. Dari pada membuangnya, ada bisa mengurus sampah ini menjadi sebuah kerajinan tangan yang menarik. Botol-botol plastik bisa Anda manfaatkan sebagi pot tanaman, sementara kaleng-kaleng bekas bisa Anda gunakan sebagai tempat lilin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *