Inilah Yang Harus Dilakukan Sebelum Menjadi Relawan

Salah satu aktivitas anak muda yang digandrungi saat ini selain melakukan hobi dan berbisnis adalah menjadi seorang relawan atau bahasa kerennya adalah volunter. Bila Anda sangat suka melakukan beragam kegaiatan positif di luar aktivitas utama Anda, makan kegiatan volunter akan sangat cocok untuk Anda. Sebelum melakukan aktivitas ini, ada baiknya mengetahui beberapa hal sebelum menjadi relawann. Inilah beberapa hal krusial yang harus Anda pahami sebelum menjadi relawan.

Pahami tujuan mengikuti program ini

Sebelum menjadi relawan, pastikan Anda mengetahui tujuan Anda mengikuti program ini. Apakah Anda mngikutinya karena penasaran dengan kegiatan ini, ataukah karena kegiatannya sesuai dengan hobi Anda, atau bahkan memang menjadi kebutuhan Anda sebagai pengalaman di dalam CV. Oleh sebab itu, pastikan tujuan Anda sebelum melakukannya, ya.

Tahu bentuk kontribusi yang akan diberikan

Terkadang para relawan masih kebingungan hal apa yang bisa diberikan ketika menjadi seorang relawan. Oleh karena itu, sebelum menjadi relawan, Anda harus menyesuaikan kontribusi yang bisa diberikan sesuai dengan kemampuan Anda miliki. Dengan begitu, Anda bisa memberikan bala bantuan yang sesuai, tanpa memberatkan diri sendiri. Sehingga, menjadi volunter bukan hanya menguras tenaga, tetapi juga memberikan kemampuan soft skill yang berguna.

Pahami dan kenali apa yang akan dihadapi

Ketika Anda telah bekontirbusi menjadi volunter, maka Anda tidak bisa menganggap sepele hal tersebut. Jangan biarkan semangat membantu Anda padam hanya karena aktivitas sosial ini tidak sesuai dengan ekspetasi yang dibayangkan. Nah, penting hukumnya bagi Anda untuk mencari tahu terlebih dahulu kondisi dan situasi yang akan dihadapi sebelum menjadi relawan. Dengan begitu, fisik dan mental Anda akan siap menghadapi keadaan di waktu yang mendatang.

Bangun koneksi sesama relawan

Seperti halnya kegiatan-kegiatan pengembangan diri lainnya, Anda tidak boleh melewatkan aksi networking saat menjalai program relawan. Dengan membangun networking sesama relawan, maka Anda akan lebih terbantu dan senang menjalankan aktivitas ini. Selain itu, Anda bisa bertukar pikiran dengan orang lain, mulai dari pengalaman melakukan aktivitas volunter hingga soft skill yang mungkin akan dibutuhkan. Oleh karena itu, persiapkan diri Anda untuk membangun jaringan sebelum menjadi relawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *