Makanan Indonesia Yang Mulai Jarang Ditemui

makanan IndonesiaTernyata dengan perkembangan zaman yang semakin meningkat, beberapa jenis makanan Indonesia mulai sulit ditemui. Sebagai generasi penerus bangsa, salah satu cara melestarikan budaya Indonesia yaitu menjaga eksistensi makanan daerahnya. Lalu, apa saja makanan tersebut? Anda sudah pernah mencoba beberapa makanan ini?

1. Bubur Bassang, Makassar

Bubur Bassang memang sangat nikmat disantap saat masih hangat. Terbuat dari santan air, gula garam dan jagung ketan serta tepung terigu membuat bubur ini. Karena sudah berkurangnya pedagang menjual bubur ini, maka bubur bassang semakin sulit dinikmati, padahal makanan ini cocok sebagai menu sarapan yang mengenyangkan.

2. Grontol Jagung, Jawa Tengah

Jagung rebus yang dicampur dengan parutan kelapa dan gula menjadi ciri khas makanan Indonesia satu ini. Asli dari Jawa Tengah, memiliki paduan rasa manis dan gurih yang tepat. Untuk mendapatkan rasa jagung yang manis secara alami, pilihlah jenis jagung yang masih segar. Anda bisa melestarikan grontol jagung dengan cara membuatnya sendiri di rumah dan kemudian perkenalkan kepada anak-anak Anda hingga tetangga.

3. Sayur Babanci, Jakarta

Memiliki komposisi rasa yang unik sebenarnya sayur babanci bisa menjadi sebuah menu populer. Namun, karena berkurangnya masyarakat yang melestarikan beberapa jenis makanan Indonesia maka semakin bertambah daftar makanan yang menghilang. Memang biasanya menu ini disajikan pada hari-hari besar. Anda bisa menemukan daging sapi, daging kelapa muda dan peai dengan kuah asam pedas.

4. Mie Lethek, Yogyakarta

Makanan asli Kabupaten Bantu, Yogyakarta ini juga mulai jarang ditemui. Mie terbuat dari tepung singkong dan singkong kering tanpa bahan pengawet. Selain itu mie lethek juga digunakan olahan mie goreng atau mie pedas. Proses pembuatannya yang masih sangat sederhana dan menghasilkan mie dengan tampilan mirip bihun namun warnanya lebih cokelat dan ukurannya lebih tebal. Berkembangnya zaman membuat sebagian masyarakat mencari ide untuk menghasilkan mie lethek lebih modern dan cepat diproduksi. Karena makanan Indonesia ini menjadi salah satu menu favorit mantan presiden Barack Obama.

5. Pecel Semanggi, Surabaya

Memiliki tampilan yang sama seperti pecel pada umumnya membuat sebagian orang tidak mengetahui pecel semanggi asal Surabaya. Untuk membedakannya, pecel semanggi menggunakan bumbu petis dan kerela rambat. Dilengkapi dengan krupuk uli dan rebusan kecambah dengan bahan baku rumput semanggi. Karena bahan baku yang sulit ditemukan tersebut maka sudah jarang masyarakat Surabaya menjualnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *