Makanan Khas Favorit Orang Indonesia

makanan khas favoritMakanan Indonesia menggunakan berbagai macam bahan segar dan sederhana seperti cabai, bawang putih, bawang merah, dan masih banyak rempah lainnya. Perpaduan rempah tersebut yang membuat masakan Indonesia berbeda dengan makanan di negara lain. Apakah makanan Indonesia berikut ini menjadi menu yang selalu Anda cari?

1. Nasi Gudeg

Nasi yang disediakan dengan nangka muda yang direbus dengan gula aren, daun salam, santan dan lengkuas hingga empuk. Selain itu, lauk yang lengkap disajikan adalah kulit sapi, ayam, telur hingga tahu dan tempe. Dengan rasa yang manis karena menjadi sebuah ciri khas masakan jawa bercita rasa manis. Bukan hanya di Yogyakarta, Anda sudah bisa dengan mudah menemukan nasi gudeg di berbagai restoran di Indonesia.

2. Sate

Di Indonesia sate yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat yaitu sate kambing dan ayam. Biasanya untuk mendapatkan rasa yang lezat daging dimasak di atas bara api. Anda bisa menikmatinya dengan ketupat atau nasi dengan ditaburi bawang goreng. Bumbu yang umum digunakan sebagai saus adalah bumbu kacang dan bumbu kecap dengan irisan cabai, bawang merah dan tomat.

3. Coto Makassar

Coto adalah sebutan Soto di masyarakat Indonesia dan terkenal di Makassar. Kuah dengan bumbu rempah yang khas terutama rasa kacang tanah halus. Isi dari coto berupa daging dan jeroan sapi seperti usus, babat, paru-paru  dan beberapa potongan daging. Pelengkapnya bisa ditambah dengan ketupat, perasan jeruk nipis, dan sambal yang membuat rasa pedas semakin nikmat.

4. Bubur Manado

Makanan khas favorit dari Pulau Sulawesi ini bernama bubur Manado. Menggunakan sayuran yang beragam serta lauk seperti tahu, tempe dan ikan. Rasanya yang enak dan terbuat dari aneka sayuran segar sangat cocok menjadi santapan sarapan sehat bagi Anda yang sedang melakukan diet.

5. Nasi Tumpeng

Makanan khas favorit masyarakat Indonesia diberbagai wilayah ini cukup populer dan semua umur menyukainya. Nasi Tumpeng lebih dijadikan sebuah menu untuk perayaan acara. Terutama saat ada upacara penting nasi dengan warna kuning ini sangat cocok dinikmati bersama-sama. Dengan menyediakan menu ini juga menjadi sebuah bentuk rasa syukur. Nasi dapat berupa nasi uduk yang dimasak dengan santan atau nasi kuning yang dibuat dengan kunyit. Hidangan disamping nasi bervariasi yaitu ayam goreng, perkedel, orek tempe, telur dadar yang sudah di potong panjang, serta sayur-sayuran segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *