Manfaat Lubang Biopori Untuk Selamatkan Lingkungan

Mungkin masih banyak dari masyarakat Indonesia yang belum mengetahui apa itu biopori. Biopori adalah lubang-lubang dalam tanah yang terbentuk akibat aktivitas organisme pelebur, seperti dan hewan tanah lainnya. Selanjutnya, lubang ini akan terisi udara dan menjadi tempat berlalunya air di bawah tanah. Semakin banyak lubang biopori yang terbentuk,

Meski lubang ini biasanya terbentuk karena alam, nyatanya Anda juga bisa menbuat biopori sendiri halaman rumah. Pembuatan biopori juga memiliki tujuan agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya. Berikut beberapa manfaat biopori untuk kehidupan Anda.

Mengurangi sampah organik

Ternyata, bukan hanya sebagai resapan air, ternyata manfaat biopori lainnya ialah mengurangi sampah organik. Hal ini disebabkan saat membuat lubang biopori, Anda harus memasukan sampah organik ke dalamnya untuk membantu proses penguraian. Jadi, dari pada sampah di bakar dan menyebabkan pencemaran udara, lebih baik dibuat menjadi pupuk. Selain itu, lubang ini membuat masyarakat belajar untuk memilih mana sampah organik dan sampah anorganik.

Menyuburkan tanah

Seperti yang telah dituliskan sebelumnya bahwa lubang biopori harus diisi dengan sampah organik. Nantinya, sampah tersebut akan diurai oleh zat pengurai seperti cacing tanah dan mikroorganisme di dalam tanah, lalu menjadikannya pupuk kompos secara alami. Pupuk kompos di dalam lubang ini memiliki manfaat untuk membuat tanah menjadi subur. Dengan begitu, Anda bisa memafaatkan tanah di halaman rumah untuk menanam pohon buah atau bunga favorit Anda. Dapat diapstikan bahwa tumbuhan Anda akan tumbuh subur dengan cepat.

Mencengah terjadinya bencana banjir

Salah satu penyebab banjir di Indonesia adalah buruknya sistem drainase dan daya serap air tanah yang tidak maksimal. Nah, manfaat lubang lainnya adalah membantu masuknya air ke dalam tanah. Selain itu, cacing-cacing yang hidup di lubang ini membantu membuat terowongan kecil yang menyebabkan air lebih cepat meresap ke bawah tanah. Semakin banyak lubang biopori, maka semakin memperkecil kemungkinan banjir. Sungguh bermanfaat, bukan? Oleh karena itu jagnan ragu untuk membuatnya di sekitar tempat tinggal Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *