Mengatur Pengeluaran Bagi Mahasiswa Baru

mahasiswa baruBeranjak menjadi mahasiswa harus memiliki perubahan dalam diri menjadi lebih dewasa dalam menyikapi segala hal. Semakin dewasa berati harus bisa mulai mengatur pengeluaran dengan baik. Bukan berati menjadi mahasiwa baru Anda bebas menghabiskan uang orangtua. Justru harus bisa menghemat uang jajan karena biaya kuliah yang sudah cukup mahal. Simak tipsnya di bawah ini.

1. Membawa Bekal

Masa-masa menjadi mahasiwa baru masih dapat Anda manfaatkan untuk mengatur uang jajan dengan baik. Membawa makanan dari rumah adalah solusi Anda dalam mengatur pengeluaran. Dengan uang saku yang bisa Anda sisihkan dapat digunakan untuk keperluan kuliah Anda seperti membeli perlengkapan kampus atau alat dan bahan untuk kerja kelompok.

2. Memulai Usaha Bersama Teman

Tidak ada salahnya menjadi seorang mahasiwa untuk memiliki kreativitas untuk dijadikan peluang bisnis. Bisa Anda mulai melalui hobi, perhatikan dengan jelas mana di antara teman Anda yang bisa diajak bekerjasama. Memiliki ketertarikan yang sama memudahkan untuk memulai sebuah bisnis. Seperti jika Anda dan teman memiliki ketertarikan dalam hal design, maka Anda bisa membuka usaha membuat notebook, totebag atau design illustrator. Menjadikan teman sebagai partner kerja juga menjadi sebuah hal yang menyenangkan. Sehingga pemasukan Anda bertambah dan mengatur pengeluaran menjadi lebih stabil.

3. Menghemat Kuota Internet

Gunakan paket data Anda untuk keperluan yang sangat penting. Kurangi menggunakan paket data untuk membuka media sosial yang teralalu menyedot kuota Anda. Dengan menghemat kuota, maka pengeluaran bulanan Anda akan aman. Manfaatkan fasilitas wifi yang ada di kampus maupun tempat makan. Atur jadwal kapan Anda bisa menggunakan kuota untuk streaming.

4. Mengikuti Seminar dan Workshop Gratis

Menjadi mahasiswa baru bearti mengharuskan Anda menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. Mengikuti seminar dan workshop gratis yang dilakukan oleh kampus Anda adalah cara yang menguntungkan. Ilmu yang Anda dapatkan secara gratis akan bermanfaat seperti menambah sertifikat dari acara tersebut, bertemu orang baru dan lain-lain. Kampus Anda pasti akan sering mengadakan acara tersebut, maka jangan dilewatkan. Pengalaman baru, ilmu dari para pembicara akan menjadikan Anda mahasiswa yang lebih produktif di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *