Mengawali Usaha Tanpa Modal, 3 Pengusaha Ini Berhasil Sukes

Dalam hidup ini, hal yang harus kita pahami dan ketahui adalah bahwa kesuksesan bukanlah hak mutlak dimiliki oleh sebagian kalangan. Kesuksesan dapat di raih oleh mereka yang kaya maupun mereka yang miskin, yang sehat secara fisik maupun yang cacat. Hal ini pun berlaku pada dunia bisnis dan usaha. Untuk membangun sebuah bisnis yang sukses, Anda tidak perlu kemampuan ekonomi dan bisnis yang banyak, hingga modal yang cukup, karena usaha tanpa modal juga bisa membawa Anda ke dalam kesuksesan. Hal ini pun sudah berhasil dilakukan oleh beberapa orang di bawah ini.

Dwifung Wirajaya Saputra

Dwifung Wirajaya Saputra, awalnya adalah seorang satpam yang kemudian ditawari oleh Jaya Setiabudi untuk menjadi seorang salesman. Singkat cerita, setelah 4 tahun berselang ia keluar dan mendirikan perusahaannya sendiri yang bergerak di bidang pengamanan dan security service. Tentu saja perusahaan yang ia dirikan saat ini merupakan usaha tanpa modal. Meski begitu, perusahaan ini berhasil berkembang dan sukses.

Mengawali dunia baru dalam berbisnis tentu bukan merupakan hal yang mudah. Pada hari pertama saat ia memulai bisnisnya, Dwifung mengalami kerugian sebesar 800 dolar atau sekitar 10 juta rupiah. Tentu saja, bagi seorang pebisnis pemula uang sebasar itu bukanlah perkara kecil. Awalnya ingin melakukan usaha tanpa modal, malah berakhir dengan kerugian. Belajar dari pengalaman, akhirnya ia berusaha untuk terus belajar dan berlatih untuk melakukan komunikasi dan bernegosiasi dengan baik. Setelah empat bulan berselang, ia berhasil mendapatkan dan memegang proyek hingga ratusan juta rupiah.

Jan Koum

Jan Koum, namanya belum begitu dikenal beberapa tahun yang lalu. Ia merupakan seorang imigran asal ukraina yang pindah ke Amerika Serikat. Saat pertama kali sampai di Amerika, ia hanya seorang gelandangan yang hanya bergantung pada tunjangan sosial dari pemerintah setempat. Bahkan, ia sempat sempat menjadi tukang sapu di sebuah toko kelontong kecil. Beberapa tahun berselang, ia dan temannya Brian Action terinpirasi untuk membangun membangun sebuah aplikasi yang amat sangat terkenal saat ini, yaitu Whatsapp. Mereka berdua membangun usaha tanpa modal ini benar-benar bedua. Bermodal kemampuannya dan Brian, ia berhasil menciptakan aplikasi messenger yang bernilai hingga 79 triliun rupiah. Bahkan, hingga saat ini aplikasi yang mereka ciptakan berhasil menjadi aplikasi messenger teratas di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *