Mengenal Lebih Dalam Musik Indie

musik indieMusik indie? Bagi sebagian orang masih asing mendengarnya. Banyak sekali band-band Indie yang mengeluarkan lagu-lagunya. Kita hanya terlalu sering mendengar kata band indie tanpa mengerti artinya. Di Indonesia sendiri, sebenarnya musik ini mempunyai penggemarnya sendiri dan masih bisa tetap eksis hingga saat ini.  Tidak kalah dengan penyanyi tenar lainnya, lebih lanjut buka di sini. Namun, apa bedanya dengan musik lainnya? Simak di bawah yuk!

Indie itu bukan genre musik

Indie sendiri diambil dari kata independent, yang mana berarti bahwa musisi menciptakan lagu sesuai dengan keinginan mereka dan bukan permintaan manajemen atau pasar. Mereka bebas menciptakan lagu yang mereka mau, mereka juga merekam dan memasarkan lagu mereka sendiri tanpa terkait manajemen dan label. Untuk mempromosikan lagu, mereka menggunakan media sosial dan juga melakukan konser-konser di kota-kota besar. Jadi, musik indie itu musik bebas yang bergantung sama pihak lain dan suka-suka musisinya aja.

Mempunyai banyak genre musik

Jika kamu selama ini berikiran kalau indie itu jenis musik, wah kamu salah besar. Seperti yang disebutkan di poin pertama tadi kalau indie adalah sebutan untuk para musisi tanpa label. Dalam musik indie, ada banyak genre yang diusung seperti jazz, pop, metal, electro atau apa pun. Bedanya, musik yang dibuat oleh musisi indie mempunyai ciri khasnya masing-masing sesuai selera musik sang musisi.

Awal masuk ke Indonesia

Di Indonesia sendiri, band indie mulai menggema pada pertengahan tahun 90-an. Dulu bukan disebut indie, melainkan underground. Sedikit berbeda dengan indie, underground mengusung musik yang lebih keras. Dimulai saat Pas Band merilis albumnya secara independent yang berhasil menyentuh 5000 copy diikuti oleh Mocca yang berhasil menjual sebanyak 100.000 copy. Baru setelah itu banyak band-band indie banyak bermunculan.

Para musisi indie

Hanya karena tidak memiliki label sendiri, bukan berarti musisi indie tidak bisa menujukan kiprahnya. Sebut saja ada Efek Rumah Kaca (ERK), Barasuara, Sore, Payung teduh dan masih banyak lagi. Untuk ERK, sudah jangan ditanyakan lagi kualitas mereka dalam bermusik. Bukan hanya sukses di dalam negeri, di luar negeri pun mereka menuai kesuksesan. ERK membuktikan bahwa musisi dalam genre ini juga bisa dibanggakan oleh Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *