Menikmati Masa Tua Tanpa Masalah Pikun

menikmati masa tuaMenikmati masa tua setelah pensiun memang paling bahagia adalah dengan mengabiskan waktu bersama keluarga, anak, cucu, dan orang-orang terdekat yang Anda sayangi. Akan tetapi, faktor kesehatan bisa menghambat kebahagian Anda, salah satunya jika terserang masalah kepikunan atau menurunnya daya ingat seseorang. Tentu saja Anda tidak mau melupakan memori indah bersama orang terkasih Anda, kan? Oleh sebab itu, hindari masalah kepikunan di usia tua dengan melakukan beberapa tips di bawah ini.

1. Lakukan Senam Otak

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi resiko terkena masalah kepikunan yang menghalangi Anda adalah dengan melakukan senam otak. Senam otak yang dimaksud di sini adalah dengan cara mengingat-ingat sesuatu dari hidup Anda, misalnya dengan menyebutkan nama-nama teman Anda, judul lagu yang sering Anda dengar, hingga berbagai macam jenis bunga yang Anda tahu. Dengan begitu, memori Anda akan terlatih dengan baik dan tidak mudah lupa.

2. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk menikmati masa tua yang bahagia adalah mengkonsumsi makanan kaya gizi dan nutrisi. Makanan yang mengandung nutrisi yang banyak sangat baik dan bermanfaat untuk otak Anda. Beberapa makanan yang direkomendasikan seperti pisang, brokoli, bit, dan blueberry. Jika Anda memang menyukai sayuran dan buah, hal ini akan lebih baik. Tetapi, jika Anda kurang suka dengan kedua makanan tersebut, mungkin Anda bisa membuatnya menjadi jus dna smoothies. Dengan begitu, tidak ada lagi alasan untuk tidak mengonsumsi makanan bernutrisi.

3. Minum Air Putih

Air merupakan unsur tebanyak dalam tubuh manusia. Pada orang dewasa, air yang ada di dalam tubuh mencapai 70%, sementara pada lanjut usia kandungan tersebut menurun menjadi 50%. Nah, untuk menjaga kandungan air Anda tetap stabil, pastikan selalu minum air minimal 2 liter dalam sehari atau setara dengan 6-8 gelas. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan kerja seluruh organ tubuh, salah satunya adalah otak. Bukan hanya itu, air putih juga baik untuk menghilangkan beberapa racun di dalam darah. Tentu saja kebiasaan minum air putih bisa menjadi kunci untuk bahagia, kan?

4. Lakukan Permainan Asah-Otak

Permainan asah otak seperti mengisi teka-teki, membuat karya tulis, dan mengerjakan projek analisisi mampu membuat fungsi otak untuk lebih terlatih dan terstimulasi untuk menerima input dan rangsangan berpikir. Dengan begitu, otak Anda akan selalu bekerja dengan baik meski usia bertambah. Dengan fungsi otak yang baik, Anda akan lebih bahagia karena tidak perlu takut mengalami masalah ingatan atau pikun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *