Oleh-oleh Makanan Daerah Paling Populer

makanan daerahIndonesia merupakan negara yang terkenal kaya akan jenis kulinernya. Jika Anda berkunjung ke beberapa daerah tentu harus membeli oleh-oleh khas daerah tersebut. Apakah Anda sudah pernah mencicipi makanan tradisional khas Indonesia berikut ini?

1. Bika Ambon, Medan

Ciri khas makanan ini yaitu berwana kuning dan memiliki rasa manis yang pas. Pasti sudah tahu Bika Ambon berasal dari Medan, Sumatera Utara. Dengan aroma pandan wangi Bika Ambon menjadi makanan daerah yang paling digemari oleh masyarakatnya. Terbuat dari telur, santan dan gula saat ini Anda sudah merasakan varian rasa yang beragam yaitu keju dan durian. Untuk mendapatkan rasa sesuai bayangan Anda, maka sebaiknya membelinya secara langsung atau bisa melalui teman dan saudara yang sedang berkunjung ke Medan.

2. Bakpia, Yogyakarta

Bakpia menjadi oleh-oleh khas Yogyakarta yang sangat populer karena memiliki rasa yang sesuai dengan lidah orang Indonesia. Sudah banyak merek yang menjual bakpia di sudut-sudut kota Yogyakarta dengan macam harga yang berbeda. Selain rasa kacang hijau, mulai banyak variasi rasa bakpia yang tidak kalah enak yaitu kumbu hitam, keju, kopi mocachino, coklat, greentea, dan durian.

3. Lamang, Sumatera Barat

Cobalah untuk membawa makanan daerah Sumatera Barat bernama Lamang. Terbuat dari bahan ketan putih, sari pati buah kelapa dan dibakar menggunakan batang bambu. Anda bisa menikmati makanan ini dengan tapai ketan hitam, pisang goreng dan durian.

4. Keripik Apel, Malang

Jika berkunjung ke Malang mungkin banyak jenis keripik yang ditawarkan, tetapi keripik yang paling dikenal oleh masyarakat adalah keripik apelnya. Karena daerah Malang memproduksi banyak pohon apel sehingga banyaknya varian makanan berbahan dasar apel.

5. Serabi Solo, Solo

Makanan daerah asli Solo dengan tekstur yang lembut yaitu serabi solo. Bisa dibeli dengan jumlah banyak ataupun dimakan secara langsung di tempatnya atau saat diperjalanan. Ciri khas serabi solo yaitu memiliki  bagian tepi yang renyah dan tipis sedangkan bagian tengahnya tebal. Sebenarnya tidak perlu jauh-jauh ke Solo, karena saat ini serabi sudah banyak dijual di kota-kota lain seperti Bandung, Jakarta, Cirebon, Medan, Bali dan masih banyak lagi. Namun, beda rasa yang dihasilkan pada tiap-tiap daerah tersebut, hanya memiliki pilihan dasar sama apakah Anda ingin yang manis atau gurih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *