Pencemaran Lingkungan dan Cara Mengatasinya

Kerusakan lingkungan saat ini semakin mengkhawatirkan. Pemanasan bumi, banjir, hingga kebakaran hutan terjadi seolah tidak ada hentinya. Namun, dari sebagian besar bencana tersebut disebabkan oleh pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh tangan-tangan manusia tidak bertanggung jawab. Meski begitu, Anda tetap bisa memperbaikinya dengan beragam cara. Di artikel berikut ini Anda akan mendapatkan informasi seputar pencemaran lingkungan dan cara mengatasinya.

Pencemaran air

Pencemaran air sering terjadi di daerah-daerah industri. Biasanya pecemaran lingkungan ini bisa terjadi karena pembuangan limbah yang tidak semestinya. Padahal, air ini memiliki manfaat penting untuk kegiatan sehari-hari seperti mandi, memasak, minum, hingga mengairi sawah. Jika air tidak layak untuk dikonsumsi, bisa dibayangkan bagaimana kondisi kesehatan warga sekitar.

Untuk mengatasi pencemaran ini, Anda bisa melakukan daur ulang limbah dengan efektif sebelum membuangnya ke air, baik limbah industri maupun limbah rumah tangga. Dengan begitu, kebersihan lingkungan akan lebih terjaga.

Pencemaran tanah

Penggunaan zat kimia berebihan di dalam tanah bisa mengubah kandungan alami tanah dan menyebabkan kerusakan secara permanen. Zat kimia ini bisa berasal dari sampah plastik yang menggunung, penggunaan pestisida secara berlebihan, dan membuang limbah ke atas tanah. Saat zat berbahaya mencemari permukaan tanah, maka itu akan menguap dan tersapu air hujan atau semakin masuk ke dalam tanah. Tentu saja ini akan berdampak buruk terhadap kesehatan Anda.

Untuk menghindari pencemaran lingkungan ini terjadi, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti mengurangi atau bahkan menghentikan penggunaan pestisida dan mengurangi sampah plastik dengan cara mendaur ulang atau menghentingkan penggunaan kantung plastik.

Pencemaran udara

Asap kendaraan bermotor, asap pembakaran sampah, uap dari pabrik merupaka salah satu faktor yang menyebabkan pencemaran udara. Dampaknya, oksigen yang dihirup setiap harinya tercampur dengan zat kimia yang berbahaya untuk tubuh. Bahkan, bagi sebagaian orang akan mengalami infeksi saluran pernafasan dan berbagai macam penyakit pernafasan lainnya seperti ronchitis, asma, hingga paru-paru basah.

Cara untuk menghentikan pencemaran lingkungan jenis ini adalah dengan tidak merokok di sembarang tempat, meminimalkan penggunaan kendaraan bermotor, dan melakukan beragam kegiatan penghijauan lingkungan. Semakin banyak pohon, maka akan semakin banyak penyaring udara alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *