Perhatikan 6 Tips Memilih Kacamata untuk Anak-Anak

memilih kacamataDalam sebuah penelitian oleh Jurnal Pediatrics tahun 2011, mengatakan bahwa 1 dari 20 anak-anak sudah memakai kacamata. Itu merupakan contoh dari negara Amerika Serikat, pasti kamu nggak mau kan anakmu nanti atau keponakan dan saudaramu punya masalah penglihatan. Nah, coba yuk ikuti tips sederhana saat memilih kacamata ideal bagi mereka.

1. Lensa

Lensa menjadi faktor utama dalam memilih kacamata yang benar. Pilihlah lensa yang menggunakan bahan kuat dan tidak mudah rusak yaitu polikarbonat. Selain itu dengan tambahan UV Protection serta tahan goresan.

2. Frame (Bingkai)

Pada umumnya plastik adalah bahan bingkai kacamata paling aman. Kacamata dengan bahan plastik cenderung ringan tetapi risiko rusak dan patah. Untuk membelinya kembali sebenarnya tidak terlalu mahal. Pertimbangkan juga untuk mencoba bahan logam ringan karena masih aman bagi anak.

3. Ukuran yang pas

Pas disini dimaksudkan adalah menghindari kacamata dengan ukuran yang terlalu kebesaran. Ketika ukuran kacamatanya salah tentu membuat rasa nggak nyaman. Beberapa bingkai dirancang memiliki bantalan hidung yang bisa disesuaikan. Sehingga ukurannya dapat diubah melalui sambungan, menyesuaikan pertumbuhan anak.

4. Tidak Ketinggalan Zaman

Sebagian anak nggak peduli kacamata seperti apa yang mereka gunakan. Tetapi sebagian lagi mereka akan memilih kacamata sesuai yang mereka inginkan. Kalau anak baru pertama kali memakainya pasti akan kesulitan dan bingung mau pilih yang mana. Pastikan ia mendapatkan kacamata super nyaman saat dipakai ke sekolah atau bermain dengan teman-temannya. Mungkin bisa ditawarkan dengan model saat ini seperti kacamata kayu yang bukan hanya trendy tetapi memastikan anak merasa lebih nyaman.

5. Kacamata untuk Berolahraga

Pertumbuhan seorang anak dipacu oleh kegiatan bermain dan berolahraga. Terutama saat berada di sekolah, memang jenis lensa polikarbonat kuat sayangnya tidak memberikan perlindungan yang cukup. Ada baiknya sediakan khusus kacamata olahraga yang tepat.

6. Kacamata Cadangan

Terakhir yang perlu kamu persiapkan adalah menyediakan cadangan. Anak tanda disadari akan mematahkan kacamata, menaruhnya di sembarang tempat. Pastikan selain memilih kacamata yang tepat kamu juga menyediakan sepasang kacamata cadangan di rumah. Jika sudah aman dan nyaman anak akan lebih bebas menjalani aktivitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *