Tips Atur Keuangan Bagi Anak Muda!

tips atur keuanganBerbicara tentang mengatur keuangan berarti sudah tak ada hubungannya lagi dengan profesi mau pun jurusan di kuliah. Kalian diwajibkan untuk menjadi seseorang yang pintar dalam mengelola uang. Bukanlah hal yang mudah untuk mengaturnya karena jika sudah menyangkut soal uang, orang pasti akan mudah tergiur menggunakannya untuk foya-foya. Ini juga berlaku untuk anak-anak muda seperti kalian agar jika sudah punya penghasilan sendiri maka bisa menggunakannya dengan bijak. Berikut tips atur keuangan yang bisa kalian gunakan! Mungkin bisa bermanfaat.

1. Membuat Rencana Keuangan

Sebagai remaja, pastinya kalian belum memiliki penghasilan sendiri. Jadi, hanya bergantung pada uang bulanan yang diberikan oleh orangtua saja. Disinilah kalian harus belajar untuk menjadi orang yang bijak dalam menggunakan uang tersebut. Caranya dengan membuat sebuah perencanaan keuangan. Contohnya, 10% untuk ongkos, 10% untuk ditabung, 30% untuk jajan, 40 untuk makan, dan 10% lagi untuk kepentingan tak terduga. Ini adalah contoh yang kasar, kalian bisa menyesuaikan kembali sesuai dengan pengeluaran dan pemasukan yang kalian dapat.

2. Mengendalikan Konsumsi

Sebagai seorang remaja yang cuma mengandalkan uang dari orangtua tentunya kalian sering merasa kehabisan uang dengan cepatkan? Sebenarnya itu adalah hal yang wajar tetapi kalian dapat mengatasinya jika dapat mengatur dan mengendalikan konsumsi janjan kalian. Tips atur keuangan seperti ini kuncinya cuma satu, yaitu bisa mengedalikan hawa nafsu. Cobalah untuk mengurangi berbelanja hal yang tidak perlu dan makan-makan diluar. Walau hanya makan di kantin tetapi tetap saja mengeluarkan uangkan? Solusinya kalian bisa membawa bekal dari rumah saja. Masakan seorang ibu pastinya lebih enak dan sehat.

3. Cari Penghasilan Tambahan

Kalian harus menghargai uang yang diberikan oleh orangtua. Tetapi, bukankah menghasilkan uang sendiri itu lebih menyenangkan? Jika uang jajan kalian tidak cukup dan ingin membantu orangtua, kalian bisa kok mencari uang tambahan dengan bekerja paruh waktu. Sebagai pelajar pastinya kalian disibukan dengan tugas sekolah karenanya kalian dapat mengambil pekerjaan paruh waktu di hari weekend atau berbinis online. Tips atur keuangan ini bisa membuat kalian menjadi orang yang lebih disiplin lagi.

4. Jangan Tunda Untuk Menabung

Menabung bukanlah tindakan yang sulit untuk dilakukan. Hanya saja keinginan dan hawa nafsu tinggi yang menghalangi kalian untuk melakukannya. Mulai sekarang, menabunglah di bank atau bisa juga menabung di celengan. Pastikan celengan yang kalian pakai sulit untuk dirogoh atau dipecahkan. Tips atur keuangan ini dengan cara menyisihkan hanya sebesar 10% dari yang kalian terima untuk ditabung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *