Tips Jitu Mendirikan Social Entreprise

Membangun sebuah bisnis biasanya berorientasi dengan keuntungan yang akan didapat. Tetapi, ada sebuah bisnis di mana orientasi utamanya bukanlah untuk mencari keuntungan, melainkan untuk menyelesaikan masalah sosial di masyarakat. Bisnis ini lebih dikenal sebagai social entrepreneur atau wirausaha sosial. Seperti namanya, bisnis ini memiliki latar belakang untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dimasyarakat. Meski begitu, latar belakang mendirikan social entreprise yang selanjutnya juga sama dengan bisnis pada umumnya, yaitu mendapatkan keuntungan. Jika Anda tertarik untuk mendirikan social entreprise, yuk simak tips jitunya di bawah ini.

Pilih dan tentukan masalah sosial

Untuk medirikan social entreprise maka Anda harus memilih dan menetukan masalah sosial yang ingin Anda pecahkan.  Setelah menentukan masalah yang akan diselesaikan, Anda harus mulai menggambarkan bentuk bisnis Anda, memikirkan bentuk bisnisnya, jumlah modal, strategi pemasaran hingga bagaimana bisnis itu akan dijalani, dan lainnya. Di tahap ini, pastikan Anda melakukan riset secara maksimal dan menadlam, agar bisa menadpatkan semua elemen yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah bisnis dari 0. Setelah semua hal di tahap ini terpenuhi, maka Anda bisa lanjut ke fase berikutnya.

Teguh pada pendirian Anda

Ketika Anda memilih untuk mendirikan social entreprise, maka jangan pernah memulai bisnis berbasis sosial ini karena sekadar ikut-ikutan saja. Pasalnya, bisnis ini bukan hanya memengaruhi diri Anda sendiri, selaku pebisnis, melainkan juga orang lain yang masuk ke dalam lingkup problematika sosial yang akan diselesaikan. Pastikan diri Anda untuk konsisten dan berkomitmen untuk menjalakan usaha ini. Caranya, Anda cukup berpegang teguh pada prinsip Anda untuk mendirikan usaha sosial menguntungkan sekaligus bermanfaat untuk orang lain. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk bertahan di tengah arus persaingan bisnis sosial.

Inovasi dan Kreatif

Dari berbagai jenis bisnis yang ada, hal terpenting untuk membuat bisnis Anda tetap bertahan adalah dengan menciptakan ide-ide baru yang kreatif sekaligus inovasi yang berbeda dari pesaing Anda. Aspek termudah yang bisa menjadi target inovasi adalah barang atau jasa yang dijadikan produk. Anda bisa meningkatkan segi kualitas produk, mulai dari bentuk packaging, rasa, dan beragam aspek lainnya. Semakin unik cara inovasi yang Anda pilih, maka akan semakin susah untuk pesaing bisnis Anda mengikuti langkah yang Anda ambil. Selain itu, pikiran yang kreatif juga menjadi bahan bakar utama dalam mendirikan social entreprise.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *