Tips Mengajarkan Anak Mengelola Keuangan

anak menabungOrang tua merupakan tempat anak mengembangkan perilaku baik terutama dalam hal keuangan. Anda memiliki kesempatan untuk memberikan pengalaman serta ilmu tentang menabung, menghemat uang dan pentingnya berbagi. Ajari anak Anda jika mereka ingin mendapatkan sesuatu mereka harus menabung. Buatlah hal menyenangkan bersama anak agar pemahaman tentang mengelola keuangan terasa lebih mudah.  Berikut tipsnya untuk Anda.

1. Mengenalkan Anak Antara Kebutuhan dan Keinginan

Berikan pemahaman tentang kebutuhan dan keinginan dengan cara yang menyenangkan yaitu menggambar sebuah tabel. Tabel berisi kebutuhan sehari-hari seperti beras, telur, susu dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Untuk tabel keinginan bebaskan anak untuk mengisi keinginan mereka seperti mainan, cemilan, dan sebagainya. Beri penjelasan bahwa kebutuhan harus dibeli sedangkan keinginan jika tidak dibeli bukan sebuah masalah besar. Jika anak Anda menginginkan sesuatu yang mahal maka sebaiknya latih dengan cara menabung.

2. Jelaskan Kepada Anak Mana yang Boleh dan Tidak Boleh dilakukan

Anak mungkin berfikir uang bisa digunakan untuk hal apa saja yang mereka inginkan. Bimbing anak agar memahami perilaku tidak baik dan yang baik dilakukan. Hal yang tidak boleh seperti berhutang pada teman karena akan membiasakan anak mendapatkan sesuatu tanpa berusaha terlebih dahulu. Untuk hal yang boleh mereka lakukan adalah memberikan sebagian uang kepada teman atau orang yang membutuhkan. Tanamkan kepada anak bahwa saling menolong dalam hal kebaikan adalah sifat terpuji, maka kesadaran pentingnya berbagi akan dengan mudah diserap oleh anak.

3. Berikan Uang Saku dan Biarkan Anak Memilih

Anak pasti akan senang ketika diberikan uang oleh orangtuanya. Lihat reaksi anak apa yang akan mereka lakukan, apakah uang tersebut akan langsung dipakai atau disimpan. Ketika anak memilih untuk menghabiskan uang yang selama ini sudah mereka tabung, maka biarkan mereka merasakan pengalaman baru. Tetapi ternyata uang habis maka anak akan berfikir untuk menggunakan uang yang mereka miliki sesuai dengan kebutuhan. Maka Anda berhasil memberikan cara mudah dalam mengelola keuangan sejak dini.

4. Mengajarkan Anak Untuk Berusaha

Anak harus diberikan pelatihan secara nyata dalam menerapkan cara mengelola keuangan dengan baik. Penelitian Halifax telah menemukan bahwa sekitar 65% anak-anak berusia antara delapan dan 15 tahun melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga untuk mendapatkan uang saku mereka. Bagaimana dengan negara Indonesia? Pastikan Anda bisa mengajarkan mengelola keuangan secara tepat dan mudah diterapkan oleh anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *