Yuk, Kenali Jenis Pinjaman Modal Berbisnis!

Peranan bisnis dalam alam  pembangunan perekonomian nasional membuat pemerintah dan beberapa berbagai pihak lebih perhatian terhadap keberadaan maupun pengembangannya. Hal ini terbukti dari banyaknya bisnis yang menyerap tenaga kerja dan tahan terhadap segala krisis yang dialami Indonesia beberapa tahun lalu. Dari sini saja sudah bisa dipastikan bahwa bisnis bisa menjadi solusi yang pas untuk membuat Indonesia menjadi negara yang maju.

Berbicara soal bisnis, masyarakat Indonesia masih sedikit ragu untuk membangun bisnis sendiri. Alasannya adalah sulitnya mendapatkan atau mengumpulkan modal terhitung besar. Padahal, jika memang berniat maka akan selalu ada jalan, salah satunya ialah dengan memanfaatkan berbagai jenis pinjaman modal yang disediakan oleh bank. Ingin tahu apa saja jenis-jenisnya? Simak informasinya di bawah ini.

Kredit Tanpa Agunan

Untuk mendapatkan permodalan ini dari nol sekalipun, sekarang Anda bisa mendapatkannya  melalui pinjaman dari bank atau leasing, salah satunya adalah program KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Modal usaha ini merupakan sumber permodalan atau kredit yang digunakan untuk menambah atau menjadi modal awal dalam usaha. Pinjaman jenis ini, bank tidak memerlukan jaminan aset dari debitur, namun jangan salah paham bahwa pihak bank tidak bisa menyita aset yang Anda miliki meskipun tidak dijaminkan. Jadi, jika Anda sedang mencari pinjaman uang untuk mendirikan sebuah bisnis tanpa harus menggadaikan aset, maka KTA menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Kredit Modal Kerja

Anda membutuhkan pinjaman yang besar untuk membangun bisnis atau memperbesar bisnis Anda? Anda tidak perlu pusing karena bank menyediakan Kredit Modal Kerja yang bisa Anda ambil sesuai dengan kebutuhan Anda. Jenis pinjaman modal satu ini jangka waktu peminjamannya disebut hanya setahun, tapi bisa diperpanjang bila jumlah yang Anda pinjam sangatlah besar. Jenis pinjaman ini cocok buat pegawai yang hendak banting setir jadi pengusaha, atau memang ingin membangun usaha sampingan. Tetapi, untuk melakukan pinjaman ini, Anda membutuhkan surat izin usaha sebagai salah satu syaratnya. Jika Anda memilikinya, maka pinjaman modal ini pun akan mudah Anda dapatkan.

Kredit Investasi

Satu lagi jenis pinjaman modal ini bisa Anda ajukan kepada bank, yaitu kredit investasi. Fasilitas ini biasanya digunakan untuk kredit investasi di mana peminjaman atau nasabah ingin mengembangkan usahanya. Jenis pinjaman modal satu ini biasanya diperuntukkan bagi pengusaha yang sudah berjalan selama beberapa tahun. Untuk jangka waktu peminjamannya pun lebih fleksibel dan bisa disesuaikan menurut jumlah dana yang ingin diinvestasikan. Biasanya Anda akan memiliki jangka waktu maksimal 5 tahun untuk mengembalikan dana tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *