Yuk, Kenali Kudapan Khas Sumatera Berikut Ini

Apa Anda sudah pernah berkunjung ke Sumatera? Bila pernah mengunjungi, maka Anda tidak asing lagi dengan beberapa kudapan khas Sumatera yang akan dijelaskan di artikel ini. Makanan khas provinsi ini biasanya memiliki cita rasa yang kuat, penuh dengan bumbu, dan juga teknik memasak yang tidak mudah karena bentu masakannya yang unik. Oleh sebab itu, dari pada buang waktu dengan membayangkan dan menebak-nebak apa saja kudapan tersebut, yuk simak informasinya di bawah ini.

Gulai Ikan Patin

Gulai kepala patin merupakan makanan yang populer di Jambi. Kudapan khas Sumatera ini dimasak dengan menggunakan bumbu tempoyak, yaitu durian yang sudah difermentasi selama beberapa lama. Tempoyak ini fungsinya adalah pengganti santan dan juga peredam dari bau amis ikan patin. Bila Anda suka dengan masakan ikan yang berkuah, maka kudapan yang satu ini wajib untuk Anda coba.

Pendap

Apa Anda tahu apa itu Pendap? Pendap adalah kudahapan khas Sumatera yang berasal dari Bengkulu. Makanan ini terbuat dari parutan kelapa yang diberi bumbu-bumbu dasar masakan Indonesia, seperti bawang putih, kencur, dan cabai giling. Selanjutnya, parutan kelapa ini dicampur dengan bumbu dan dibungkus dengan daun pisang. Sekilas, bentu kuliner yang ini memang mirip dengan pepes khas Sunda, tapi berbeda pada isiannya. Pendap paling nikmat Anda santap ketika hangat bersama dengan sepiring nasi.

Gulai Belacan

Masakn gulai memang identik dengan kudapan khas Sumatera. Salah satu jenis masakan gulai yang paling populer adalah Gulai Belacan yang berasal dari Riau. Balacan sendiri jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah terasi. Belacan biasanya digunakan untuk membumbui makanan yang tebruat dari udang atau ikan. Oleh sebab itu hidangan ini dinamakan gulai balacan. Bagi Anda yang mengidolakan udang sebagai menu makanan, maka sudah pasti Anda akan menyukai kudapan satu ini.

Seruit

Tahukan Anda bahwa Indonesia memiliki kudapan khas Sumatera bernama Seruit? Seruit merupakan olahan ikan yang digoreng atau dibakar dengan bumbu sambal terasi, tempoyak, atau sambal mangga dan makanan ini berasal dari Lampung. Untuk membuat masakan ini, Anda membutuhkan ikan sungai seperti Belide, Baung, Layis atau sebagainya. Jika Anda tidak tinggal di Sumatera, mungkin ikan jenis lain bisa Anda olah juga menjadi Seruit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *