Yuk, Kenali Program Bantuan Modal Berbisnis Dari Pemerintah

Bagi para pebisnis khususnya pelaku usaha kecil menengah atau UKM, memperoleh modal usaha dari pemerintah merupakan sesuatu yang sangat diharapkan. Hal ini dikarenakan modal tersebut berguna untuk menunjang persiapan melaksanakan usaha yang akan dirintis. Melihat keadaan ini, pemerintah selaku aparatur negara memiliki kewajiban untuk turut menyejahterakan penduduk dan masyarakatnya, salah satunya ialah dengan mengadalan program pemberlian modal bisnis pemerintah. Ada beberapa bentuk bantuan modal berbisnis pemerintah yang ternyata bisa dinikmati para UKM di Indonesia. Yuk, simak informasinya berikut ini.

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

KUR atau Kredit Usaha Rakyat merupakan program bantuan modal berbisnis dari pemerintah pertama yang paling familiar ditelinga masyarakat Indonesia. KUR dapat diajukan oleh pemilik usaha kepada bank pemerintah dengan syarat harus memiliki usaha dengan prospek yang menjanjikan. Pinjaman yang akan diberikan pun cukup beragam hingga maksimal berjumal 500 juta rupiah. Biasanya, bentuk dan jenis usaha yang diberikan oleh badan pemberi kredit ini ialah isaha produktif dan layak, tetapi belum pernah terkait atau melakukan pinjaman dana kepada bank. Jika Anda merasa bahwa usaha yang sedang dijalani memenuhi kriteria ini, mungkin Anda bisa mencoba untuk mengajukannya.

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan

Program ini merupakan perwujudan dari peraturan menteri Negara BUMN yang menyebutkan bahwa BUMN memiliki kewajiban untuk melakukan kemitraan dengan masyarakat dan juga bina lingkungan. Program ini mirip seperti CSR atau Corporate Social Responsibillity  yang biasa dilakukan oleh perusahaan. Pada dasarnya, bantuan modal berbisnis ini mirip dengan pinjaman yang Anda ajukan ke bank. Tetapi, ada beberapa syarat administrasi tambahan yang harus Anda lengkapi, yaitu surat pernyataan bahwa Anda tidak sedang menerima pinjaman dari BUMN lain. Cukup mudah, bukan?

PNPM Mandiri

Program bantuan modal berbisnis yang satu ini juga diperuntukan guna melakukan pemberian modal usaha kepada UKM. Pihak yang memberi modal ini adalah warga yang termasuk ke dalam wilayag PNPM Mandiri. Sementara, warga yang menerima bantuan dana ini adalah warga miskin yang tinggal disekitar atau daerah tersebut. Cara memperolehnya, mungkin sedikit unik karena berdasarkan hasil musyawarah oleh warga sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *